Rabu, 01 April 2009

Aku

Ada baiknya setiap helaan nafas sesekali kita rasakan kehadirannya..
Untuk sekedar memahami betapa menakjubkan cara kita hidup dan "dihidupkan".
Lewat helaan nafas yang terasakan secara afektif-spiritual, kedangkalan kita dalam mengungkapkan berkah alam barangkali akan elevatif menuju ikhlas menerima keberadaan kita sendiri di jagad kesejatian. Jagad kesejatian adalah ukiran penemuan diri atas ejawantah eksistensial. Aku bertemu "Aku".. dan aku mengaku Aku.
Luar biasa memang cara keakuan kita hadir di saat-saat seperti itu. Saat di mana aku merasakan aku. Dan secara berangsur-angsur, aku bahkan tak merasakan keakuan. karena aku sudah larut dalam Sang Aku.
Godhead. Itulah yang dikatakan Meister Eckhart atas pertemuan aku dengan Aku yang tak bernama. Tao.
Dan aku menjadi Superman (Ouspensky), Uebermensch (Nietzsche), Insan kamil (Iqbal)..
Orang kemudian menyebut Nirwana. Ketenangan maha tenang.
Filsafat, ilmu, agama, seni, luruh dalam pertemuan mistik di tataran awal-akhir, lahir-batin.
Kepada Stephen Hawking dkk.. Theory of Everything kalian sudah ada, menunggu kalian!

1 komentar:

Giant Billar Dana Supandri mengatakan...

Stephen Hawking

benar-benar seseorang dengan pemikiran yang jenius walau dengan keterbatasan fisik.


salut Pak Made Pramono.


view blog saya juga di

giantbillar.blogspot.com